Minggu, 18 Desember 2011

REM CBS

Apa Itu CBS ?
Baru-baru ini AHM meluncurkan varian terbaru dari generasi motor matic yakni matic CBS Techno. Pada matic CBS Techno, memasang Fitur teknologi baru yang disebut Combined Brake System atau Combi Brake System (CBS). Fitur ini merupakan hal baru (pertama) dan satu-satunya di pasar motor Indonesia. Seperti kita ketahui bersama bahwa rem adalah salah satu komponen vital dalam kendaraan bermotor, sehingga dibutuhkan inovasi untuk dapat lebih mengoptimalkan baik dari segi fungsi maupun tampilan.
Pada sepedamotor konvensional rem depan dan rem belakang merupakan dua sistem yang saling bebas dan berdiri sendiri (terpisah). Masing-masing sistem memiliki tuas atau aktuator penggeraknya sendiri. Fungsi pengereman akan optimal ketika rem depan dan rem belakang dioperasikan secara simultan (bersamaan) dengan menggerakkan kedua tuas rem (Gb. 1).

Sedangkan pada Combined Brake System atau Combi Brake System (CBS), sistem pengereman didesain untuk mengkombinasikan antara rem depan dan rem belakang sedemikian rupa agar dapat bekerja secara bersama dengan hanya menggunakan satu tuas. Sistem ini dapat diterapkan pada salah satu tuas rem (Single CBS atau Combi Brake). Jika sistem ini diterapkan pada kedua tuas rem maka lazim disebut dengan Dual CBS.
CBS pertama kali diaplikasikan pada sepeda motor Honda Goldwing pada tahun 1982, seiring waktu dan dengan banyaknya minat konsumen akan type ini maka CBS ini mulai diaplikasikan di type motor yang lain, tidak terkecuali type scooter. Pada beberapa model juga dikembangkan kombinasi aplikasi CBS dengan Antilock Brake System (ABS). Mengenai ABS akan dibahas pada edisi lain. Gambar 2. mengilustrasikan aplikasi CBS dan ABS pada beberapa sepeda motor Honda.

Mengenal Komponen CBS
Apa saja komponen CBS ? Illustrasi (Gb. 3 dan Gb.4) berikut adalah komponen-komponen penyusun CBS.

Gambar: 3. Component of CBS

Gambar: 4. Visual Appearance of CBS
Bagaimana Prinsip kerja CBS (Combined Brake System) ?
Pada dasarnya CBS merupakan mechanical braking system yang artinya dalam pengoperasiannya hanya menggunakan prinsip mekanik saja. Dalam hal ini CBS type menggunakan Equalizer sebagai system mekanik yang bertugas sebagai penghubung antara front brake, rear brake dan lever left sehingga CBS tersebut dapat bekerja secara bersamaan. Untuk lebih jelasnya mengenai prinsip kerja CBS dapat dilihat seperti illustrasi dibawah ini:

Pada illustrasi diatas dapat kita ketahui bahwa pada saat Lever L sedikit ditekan maka equalizer akan mulai menarik cable rear brake (rear brake on)

Langkah selanjutnya jika lever left ditekan hingga maksimal, maka equalizer akan menarik front brake cable dan rear brake cable secara bersamaan dengan porsi pengereman yang lebih besar pada rear brake. Hal ini sengaja didesign sedemikian rupa sehingga proses pengereman yang dihasilkan lebih optimal dan kenyamanan pengendara dapat ditingkatkan.

Sedangkan pada saat lever right ditekan maka yang terjadi adalah pengereman depan saja (front brake only) dan CBS part tidak berfungsi (Left Brake lever area).
PARKING BRAKE LOCK (CBS TYPE)
Satu lagi fitur yang menyertai CBS pada Vario CBS Techno adalah adanya Parking Brake Lock. Seperti pada model pendahulunya, Parking Brake Lock ini berfungsi untuk membantu pengendara pada saat menyalakan engine sebagai safety lock brake sehingga motor tidak berjalan pada saat sepedamotor dinyalakan, selain itu parking brake lock juga berfungsi sebagai alat bantu pada saat unit motor berhenti ditanjakan sehingga motor tidak turun kebelakang. Jika kita lihat dari segi mekanisme cara kerja parking brake lock type CBS memang sedikit berbeda dari type sebelumnya dapat kita lihat pada konstruksi dan cara pengoperasiannya. Pengoperasian Parking Brake Lock pada Vario CBS Techno adalah sebagai berikut :

Apa Keunggulan CBS??
·    Combined Brake System: Artinya dengan menggunakan sistem pengereman ini maka dengan satu tuas (left lever) sudah dapat mengaplikasikan front dan rear brake secara bersamaan dibandingkan sistem pengeraman konvensional.

·    Jarak pengeraman yang dihasil lebih maksimal.

·    Teknologi CBS yang telah diterapkan akan memberikan feeling pengereman yang nyaman bagi pengendara.
·    Dengan adanya CBS pengendara secara tidak langsung diajarkan cara pengereman yang benar
·    CBS merupakan valuable feature for brake technology
Dengan keunggulan-keunggulan di atas, maka semakin bangga pengguna Vario CBS Techno berkata : I’m Vario, I’m Vario Techno, what about you?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar